Selamat Datang

Kami berpegang pada prinsip tumbuh pohon; berkembang secara perlahan, tapi pasti.
Bantu kami untuk menjadi penghuni jagad digital

Friday, August 26, 2011

Sholat Tarawih dan Khatmul Quran di Pondok Pesantren Darunnajah


Oleh: Fazrin*


                Sholat Tarawih merupakan sholat sunnah yang dilaksanakan pada setiap malam di bulan Ramadhan. Setiap kali Ramadhan tiba, muslimin dan muslimat berduyun-duyun menjadikan masjid penuh. Begitu pula suasana di Pondok Pesantren Darunnajah setiap bulan Ramadhan, menyelenggarakan ibadah Sholat tarawih dengan bacaan satu juz Al-Qur’an setiap malamnya, sehingga dapat mengkhatamkan 30 Juz, ini menjadi tradisi pondok sebagaimana yang dijalankan muslimin di Masjidil Haram, Mekkah. Shalat tarawih tersebut diimami oleh tiga orang hafidz yang silih berganti tugasnya. Mereka adalah Al-Hafidz Taufiqurrahman, Ust. Fair Rahmatu Sholeh dan Ust. Maemun. Tradisi mulia ini telah berlangsung selama 14 tahun silam, tepatnya pada hari Ahad, 31 Juli 2011. Jamaah ibadah tarawih di Masjid Jami’ Darunnajah sebagian besar adalah para santri, alumni, guru dan keluarga Darunnajah, serta masyarakat sekitar yang tidak mau ketinggalan. Jama’ah laki-laki memadati lantai dasar masjid sedangkan jama’ah perempuan menempati lantai dua Masjid dan serambi masjid di bagian selatan.

                Semangat beribadah, begitulah kehidupan di pondok tercinta Darunnajah. Ramadhan menjadikan semangat ini semakin menggebu-gebu, khataman al-Quran telah kental menyatu dengan sistem shalat tarawih yang terlaksana. Semoga kita menjadi pribadi yang terus beriman, dimanapun dan kapanpun.
                Segenap Keluarga Besar Pondok Pesantren Darunnajah mengucapkan “Marhaban Ya Ramadhan” Selamat manunaikan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan 1432 H.

                                                                                            *Penulis adalah Bag. Distributor Perdana

No comments:

Post a Comment