Selamat Datang

Kami berpegang pada prinsip tumbuh pohon; berkembang secara perlahan, tapi pasti.
Bantu kami untuk menjadi penghuni jagad digital

Friday, August 26, 2011

Bergeraklah dan Terus Bergerak!

Oleh: M. Zukhruful Muhtadin
                Pergantian ataupun perubahan merupakan sesuatu yang bersifat alami di jagad raya ini, yang sering kita dengar sebagai hukum alam atau dalam agama Islam dikenal dengan sunnatullah. Seperti bergantinya siang dan malam, berubahnya usia muda menjadi tua, rasa senang menjadi sedih dan sebagainya, begitu pula berubahnya generasi, generasi terdahulu digantikan oleh generasi baru, sebagaimana yang banyak dinyatakan Allah swt dalam firman-Nya didalam Al-Qur’an dan diantaranya adalah surat Al-An’am ayat 6, yang berarti : “… Dan Kami ciptakan sesudah mereka generasi yang lain”. Perubahan, itu semua merupakan kehendak Allah SWT yang tidak bisa kita pungkiri. Dan kita sebagai hamba-Nya harus menerima, mengimani dan menjalankan itu semua dengan penuh keyakinan bahwa tidak ada satupun yang Allah ciptakan di alam ini sebagai sesuatu yang sia-sia.
                Berkaitan dengan perubahan generasi, warga IKPDN cabang Mesir baru-baru ini telah mengalami metamorfosa tersebut. Yaitu, pergantian pengurus masa bhakti 2010-2011 dengan pengurus setelahnya masa bhakti 2011-2012. Pergantian tersebut terlaksana melalui Sidang Permusyawaratan Anggota (SPA) pada tanggal 5 Agustus lalu, ini merupakan akhir tombak dari generasi yang dipimpin oleh Mahmud el-Timori yang kemudian berganti kepada generasi setelahnya yang dipimpin oleh M. Zukhruful Muhtadin.
                Salah satu hikmah secara umum dan khusus dari adanya pergantian pengurus yaitu kita sebagai generasi baru IKPDN diharapkan dapat menjadikan segala kekurangan ataupun kelebihan yang ada pada generasi terdahulu sebagai pelajaran yang harus kita perbaiki dan tingkatkan kembali, sehingga generasi setelahnya atau generasi yang sekarang kita jalankan bisa menjadi lebih baik dan tidak terjerumus pada kekurangan atau kesalahan yang ada pada generasi sebelumnya.
                Berkaca kepada kepengurusan sebelumnya, kita bisa melihat dan mengingat kembali pada SPA lalu ada beberapa catatan yang bisa kita ambil kemudian kita perbaiki pada kepengurusan tahun ini. Membahas catatan tersebut pada tulisan ini bukanlah untuk menjabarkan aib atau kekurangan kepengurusan tahun lalu, akan tetapi peningkatan dan perbaikanlah yang kita harapkan. Maka, tulisan ini merupakan sarana untuk tawaashou bilhaqqi, sebagaimana yang penulis harapkan.      
                Beberapa catatan yang dititik beratkan pada kepengurusan lalu yang dikendalikan oleh saudara Mahmud adalah kurangnya komunikasi di antara pengurus sendiri dan kurangnya loyalitas anggota kepada IKPDN. Mengapa kedua hal tersebut bisa terjadi? Memang banyak faktor yang bisa kita kaitkan untuk kedua hal tersebut. Menurut penulis sendiri, ada satu faktor yang bisa dijadikan sebagai dalang dibalik itu semua. Yaitu, kurangnya kerjasama ataupun teamwork yang dibangun di antara pengurus itu sendiri ataupun antara pengurus dan anggota. Pengurus dan anggota merupakan kesatuan tim yang ada pada suatu organisasi, yang mana kerjasama sangat dibutuhkan untuk menjadikan tim tersebut selalu eksis dan solid. Kemudian, pada akhirnya tim tersebut dapat menjalankan organisasi sesuai dengan yang diharapkan bersama.
                Kurangnya komunikasi antara pengurus dan kurangnya loyalitas anggota kepada IKPDN merupakan hal yang saling berkaitan. Dengan tidak adanya komunikasi antara pengurus, pastinya akan menimbulkan dampak tidak adanya pula komunikasi antara pengurus dengan anggota. Yang kemudian  anggota merasa tidak diperhatikan oleh jajaran pengurus, sehingga bisa dinilai sedikit wajar apabila anggota menjadi sungkan untuk berpartisipasi aktif dalam menghidupkan IKPDN. Akan tetapi, dalam hal ini pengurus juga tidak bisa dianggap sebagai pemeran tunggal yang menjadikan suasana IKPDN kurang hidup dan meriah, anggotapun ikut andil dalam memerankan suasana tersebut.
                Mengapa begitu? Ya, tentu seperti itu. Dalam sebuah  organisasi, anggota bukanlah tuan secara mutlak yang dilayani oleh para pengurus, akan tetapi anggota adalah bagian tim sebagaimana pengurus, yang diharapkan kerjasamanya dan juga etos kerjanya dalam memajukan organisasi tersebut. Sebagai anggota yang baik, sudah selayaknya kita memiliki karakter yang kritis dan inovatif, sebagaimana pengurus yang dituntut demikian. Saling menegur atau mengingatkan merupakan item yang sangat penting dalam kehidupan ber-organisasi. Maka, seyogyanya kita sebagai anggota mengingatkan pengurus yang semangat akan kewajibannya berkurang. Yaitu, dengan mendiskusikan permasalahan yang ada dan memberikan solusi-solusi tepat dan membangun. Dengan begitu, diharapkan ruh pengurus dan anggota ter-recharge, sehingga bisa tampil prima memerankan kehidupan organisasi ini.
                Kepengurusan IKPDN 2011-2012 memiliki tantangan yang serupa dengan tantangan yang dimiliki kepengurusan sebelumnya atau bahkan bertambah dengan tantangan lainnya yang siap menghadang. Harapan kita adalah IKPDN setiap tahunnya harus lebih maju dari tahun-tahun sebelumnya, minimal selangkah lebih maju. Penulis, sebagai yang menahkodai IKPDN pada tahun ini mengharapkan berbagai dukungan seluruh elemen masyarakat IKPDN, baik dari jajaran penasehat, dewan konsultatif, pengurus maupun anggota. Khususnya dukungan moril, agar kepengurusan tahun ini selalu semangat dalam mengemban amanat untuk mewarnai kehidupan IKPDN menjadi lebih hidup. Sehingga amanat ini tidak terasa sebagai beban, tetapi sebagai bahan pembelajaran yang mengesankan.
                IKPDN tidak akan ada dan hidup jika kita hanya diam dan tidak peduli. Bergeraklah! Gerakkan hati, pikiran serta potensi kita untuk IKPDN yang lebih maju! Karena di dalam pergerakkan yang semata mengharap ridho Allah SWT terdapat  keberkahan. Kita sebagai warga IKPDN harus bergerak demi kemajuan IKPDN agar selalu diiringi keberkahan dari Allah SWT. Kalau bukan kita, lantas siapa lagi?
                Hari ini, esok, lusa adalah hari yang paling berharga. Begeraklah dan terus bergerak!   
                                                                                      *Penulis adalah Ketua IKPDN Mesir 2011-2012 
        

No comments:

Post a Comment